Alasan Menggunakan Krim Siang Malam Sesuai Fungsi

(7)Kulit wajah tidaklah sama dengan kulit tubuh manusia bagian lainnya, karena pada kulit wajah terdapat lebih banyak kelenjar lemak (kelenjar sebasea) yang menghasilkan asam lemak bernama sebum. Selain kelenjar lemak, di wajah terdapat pula kelenjar keringat. Pada cuaca panas, banyak aktivitas, lelah, atau keadaan panik, kulit wajah akan tampak berkeringat dan berminyak. Hal ini disebabkan adanya hubungan stress fisik dan kejiwaan dengan peningkatan produksi keringat dan sebum pada kedua jenis kelenjar.

Oleh sebab itu, wajah memerlukan perawatan yang lebih. Seperti menggunakan krim, penyegar, susu pembersih, serum, atau bahkan masker.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, telah banyak dikenal berbagai paket produk perawatan yang terdiri dari krim siang dan krim malam.  Dengan formulasi yang berbeda untuk kondisi lingkungan yang berbeda, krim siang dikhususkan untuk dapat memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari dengan UV Filter. Biasa dioleskan pada wajah pada pagi hingga sore hari.

Namun pada malam hari dimana matahari tidak lagi bersinar, UV Filter tidak lagi dibutuhkan untuk kulit. Saat malam menjelang disitulah waktu kulit untuk relaksasi. Termasuk di dalamnya adalah meregenerasi melalui perawatan dengan krim malam.

Bahan-bahan yang terkandung dalam krim malam terdiri dari bahan yang mampu membantu mencegah penuaan, mengurangi garis halus dan kerutan, hingga mencerahkan kulit. Produk perawatan bekerja secara maksimal terletak pada krim malam. Oleh sebab itu pilihlah produk yang diketahui aman dan sesuai untuk kulit wajah anda untuk menghindari efek samping.

Beberapa kandungan yang kerap ditemukan pada krim malam diantaranya: retinol (vitamin A), Kafein, Cipper peptides, Coenzyme Q10, Cipper peptides, Ekstrak teh hijau, Hyaluronic Acid, Vitamin C, Arbutin, Ekstrak Biji Anggur, dll.

Untuk mendambakan hasil yang sesuai keinginan anda, carilah produk perawatan yang di dalamnya mengandung salah satu bahan tersebut di atas. Karena bahan-bahan tersebut dapat membantu produksi kolagen pada malam hari, menjadikan kulit lebih lembut, dan meregenerasi kulit hingga mencegah penuaan.

Bolehkah menggunakan krim malam pada siang hari?

Melihat efek  yang lebih pada krim malam dibandingkan krim siang, mungkin akan ada pemikiran mengapa tidak terus menerus saja menggunakan krim malam agar hasil lebih maksimal?

Tunggu dulu! Perlu anda ketahui,  ada kandungan-kandungan tertentu yang terdapat pada krim malam yang apabila terkena sinar matahari akan mengalami degadrasi dan melemah, bahkan bisa berbahaya. Seperti contohnya kandungan Retinol-A.

Contoh lainnya adalah krim malam yang mengandung AHA dan BHA yang tinggi untuk membantu peremajaan kulit. AHA dan BHA adalah kandungan yang membantu eksfoliasi melalui proses kimia, oleh karenanya akan mendorong terjadinya pelepasan sel kulit mati di kulit kita atau lebih dikenal sebagai pengelupasan. Apabila kulit yang sedang mengelupas terpapar sinar matahari langsung, akan terjadi iritasi yang tidak diharapkan. Memang hal tersebut bisa dihindari dengan menggunakan tabir surya SPF 30 PA++ atau lebih, tetapi alangkah baiknya untuk dihindari.

Bolehkah sebaliknya, krim siang digunakan malam hari?

Pada malam hari, saat tertidur kulit mengalami proses regenerasi. Penggunaan kosmetik atau krim siang yang mengandung UV Filter akan menghambat proses regenerasi tersebut. Maka pemakaian krim siang pada malam hari akan membuat kulit menjadi kusam karena kulit terhambat meregenerasi kulit dan tidak memiliki rongga untuk bernafas karena krim siang diformulasi lebih berat dibanding krim malam yang lebih ringan.

Jadi sebenarnya, menggunakan krim malam pada malam hari akan membantu kulit lebih cepat dalam meregenerasi kulit. Maka gunakan krim sesuai fungsinya ya, Cantik. Dan jangan mencampur dalam penggunaannya!

 

 

 

Posted on 7 Juni 2014, in Artikel, Beauty Care and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Bagaimana dengan krim c***a h***li*ne yang digunakan dua kali sehari dgn menjadikannya sebagai krim siang dan malam dalam satu produk saja?

    • biasanya krim yang bisa digunakan siang dan malam, tidak mengandung zat zat yang menghalangi proses regenerasi pada malam hari seperti sunblock ataupun zat zat yang akan menjadikan kulit sensitif karena terpapar sinar matahari seperti AHA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: