Plus Minus si Hitam Kopi

kopiSetiap hari mungkin jadi kebiasaan bagi banyak orang untuk menyeruput kopi. Terkadang banyak dari mereka yang merasa kenikmatan kopi hingga mengkonsumsinya secara berlebihan. Sejatinya kopi jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu kesehatan karena komponen utama kopi adalah kafein.

Kafein, ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafeina merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk sementara. Minuman yang mengandung kafeina, seperti kopi, teh, dan minuman ringan, sangat digemari. Kafeina merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Kafeina mengikat reseptor adenosina di otak. Adenosina ialah nukleotida yang mengurangi aktivitas sel saraf saat tertambat pada sel tersebut. Seperti adenosina, molekul kafeina juga tertambat pada reseptor yang sama, tetapi akibatnya berbeda. Kafeina tidak akan memperlambat aktivitas sel saraf/otak, sebaliknya menghalangi adenosina untuk berfungsi. Dampaknya aktivitas otak meningkat dan mengakibatkan hormon epinefrin terlepas. Hormon tersebut akan menaikkan detak jantung, meninggikan tekanan darah.

Kandungan ini kuat hingga dapat menyebabkan gejala kecemasan, tekanan darah meningkat, namun zat besi dan kadar kalsium menjadi rendah, jantung berdebar dan meningkatnya hormon stress.

Banyak minum kopi memicu hormon adrenalin dan membuat estrogen mendominasi tubuh. Kondisi ini bila dibiarkan akan menyebabkan osteoporosis.

Akibat lain dari terlalu banyak mengkonsumsi kafein diantaranya dapat menyebabkan peracunan kafeina (yaitu mabuk akibat kafeina). Antara gejala penyakit ini ialah keresahan, kerisauan, insomnia, keriangan, muka merah, kerap kencing (diuresis), dan masalah gastrointestial.  Jika lebih dari 1g kafeina dikonsumsi dalam satu hari, gejala seperti kejang otot (muscle twitching), kekusutan pikiran dan perkataan, aritmia kardium (gangguan pada denyutan jantung)m dan gejolak psikomotor (psychomotor agitation) bisa terjadi. Intoksikasi kafeina juga bisa mengakibatkan kepanikan dan penyakit kerisauan.

Kopi juga dapat merusak pasokan vitamin B, vitamin yang mentranformasi menjadi energi dalam tubuh.

Namun diantara bahaya kopi jika dikonsumsi berlebih, kopi juga bermanfaat untuk merawat kecantikan anda. Karena kopi juga ternyata mengandung kolagen yang berguna sebagai anti aging/kerutan dan menyegarkan kulit wajah jika digunakan sebagai masker, cobalah sesekali anda mencobanya untuk facial kopi untuk mendapatkan kulit wajah yang nampak segar dan lebih kencang.

Kopi memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kandungan kolagen ini sangat berguna sebagai anti kerutan pada kulit. Jadi dengan menggunakan facial kopi ini, kulit Anda akan menjadi kencang. – See more at: http://news.liputan6.com/read/760013/kopi-si-hitam-yang-bermanfaat-bagi-kecantikan#sthash.GB9H53Ie.dpuf
Kopi memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kandungan kolagen ini sangat berguna sebagai anti kerutan pada kulit. Jadi dengan menggunakan facial kopi ini, kulit Anda akan menjadi kencang. – See more at: http://news.liputan6.com/read/760013/kopi-si-hitam-yang-bermanfaat-bagi-kecantikan#sthash.GB9H53Ie.dpuf

Posted on 19 April 2014, in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: