Ramuan Tradisional untuk Sehat Wanita

rempahPencegahan merupakan hal paling bijaksana dibanding mengobati. Banyak hal yang dilakukan untuk tetap sehat. Termasuk para wanita, menjadi sehat luar dalam merupakan hal penting untuk menjalan fungsi semestinya sebagai seorang isteri dan ibu.

Menjaga kesehatan organ intim dianggap sangat perlu untuk mewujudkan kesenangan dan keharmonisan pasutri, mencegah berbagai penyakit yang berbahaya yang menyangkut pada rahim dan vagina. Terutama selepas persalinan.

Salah satunya dengan cara mengkonsumsi ramuan tradisional yang dipercaya semenjak dahulu untuk mendapatkan manfaat yang terkandung dari tanaman obat yang dikenal menyehatkan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Kunyit Putih

Kunyit putih memiliki kandungan utama curcumin yang bermanfaat sebagai obat antiradang dan antikanker. Secara ilmiah, kandungan ekstrak kunyit putih bermanfaat sebagai antijamur, menyeimbangkan kadar pH dalam lambung, untuk mengatasi radang/ulkus, penghilang nyeri (analgesik) dan anti pembekuan darah. Selain itu kunyit putih juga memiliki efek antkanker dan hepatoprotektif yang dapat mencegah hati dari kerusakan serta dapat menetralkan racun dalam tubuh. Kunyit putih secara turun temurun digunakan sebagai tonik pasca melahirkan.

  • Kayu Rapet

Kulit batang kayu rapet (Parameria Laevigata Moldenke) merupakan bagian yang banyak dimanfaatkan karena kaya akan zat aktif tanin sebagai astringent untuk mengencangkan otot organ intim wanita. Akarnya mengandung flavonoid dan polifenol, serta daunnya mengandung saponin dan tanin. Kandungan proanthocyanidin-nya berfungsi sebagai antioksidan kuat, antialergi, antitumor, antikanker dan meningkatkan fungsi jantung. Secara tradisional kayu rapet banyak digunakan untuk mengobati luka, disentri, dan mengatasi nyeri setelah melahirkan.

  • Manjakani

Manjakani adalah tanaman asli daerah Timur Tengah hingga negara kepulauan seperti Turki, Suria, Iran, India, Indonesia, Malaysia dan lainnya. Manjakani mengandung zat aktif tanin yaitu senyawa yang bersifat astringent sehingga bermanfaat merapatkan dan mengencangkan otot serta mengatasi keputihan pada organ intim wanita. Selain itu manjakani juga mengandung quercoside yaitu antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Manjakani juga memiliki aktivitas antimikroba yang efektif terhadap E coli serta anti bakteri untuk melawan bakteri resisten antibiotik.

  • Kunci Pepet

Kunci pepet sejak dahulu telah digunakan sebagai jamu tradisional bagi wanita setelah melahirkan. Kunci pepet mengandung astringent untuk menguatkan otot organ intim wanita, selain itu bermanfaat pula untuk melancarkan penceranaan, meredakan demam, mengobati luka luar seperti bengkak pada kulit dan menambah nafsu makan.  Kandungan flavonoid, tanin dan pektin dalam kunci pepet berguna meningkatkan kontraksi uterus untuk meluruhkan darah kotor dalam kandungan setelah melahirkan. Beberapa manfaat lainnya yaitu antikanker dan kaya akan kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

  • Kacip Fatimah

Kacip fatimah atau dikenal selusuh fatimah yang berarti obat melahirkan dari Fatimah merupakan ramuan tradisional yang banyak digunakan untuk mengencangkan sekaligus melumasi organ intim wanita dan meningkatkan fungsi seksual wanita. Kandungan fitoestrogen dan isoflavon dapat mengatur sirkulasi menstruasi, meredakan nyeri akibat haid dan meredakan gejala menoupause, serta membantu mengencangkan otot perut. Kacip Fatimah secara ilmiah memiliki efek  antiinflamasi, antijamur, antibakteri, antitumor, antikanker, meminimalisir peradangan dan dapat meningkatkan pertumbuhan dari Human Skin Fibroblast sebagai antiaging dan menutup luka.

  • Daun Sirih

Daun sirih sudah sejak dahulu banyak digunakan untuk mengatasi keputihan, haid tidak teratur,  dan antiseptik. Secara ilmiah, daun sirih dapat mencegah dan mengobati keputihan yang diakibatkan jamur C albicans, sebagai sumber antioksidan karena dapat meningkatkan kadar vitamin A dan C, GSH dan SOD, bersifat antitumor dan antikanker karena dapat menghambat proses mutagenesis sel. Secara tradisional, air rebusan daun sirih digunakan sebagai obat sakit mata, radang tenggorokan, mengatasi batuk dan gangguan pencernaan. Sedangkan minyak atsiri dari ekstrak daun sirih dapat mengobati sakit pernapasan dan antiseptik.

Anda dapat mengkonsumsi seluruhnya tanaman bermanfaat di atas dengan mudah tanpa sulit mengolahnya. Kini tersedia Rose V campuran dari aneka tanaman obat tersebut di atas dengan rasa dan aroma yang menyenangkan.

Rose V merupakan minuman kesehatan khusus bagi wanita dengan kandungan herbal berkhasiat seperti ektrak manjakani, kunyit putih, kunci pepet, kacip fatimah, daun sirih, kayu rapet dan bahan lainnya yang sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi lendir berlebih pada daerah kewanitaan.

Posted on 23 Januari 2014, in Herbal Tradisional, Perawatan Kewanitaan, Produk Herbal and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: