Waspadai Kosmetik Ketika Hamil

Kebanyakan para ibu ingin tetap cantik dikala hamil. Berbagai cara dilakukan agar wajah tetap terlihat bersinar. Tidak jarang yang menggunakan krim pemutih wajah yang dengan proses singkat menghasilkan wajah nampak putih. Menimbang dari bahayanya, krim pemutih yang mengandung zat kimia dapat merupakan penyebab lahirnya bayi-bayi yang terkena kanker kulit, alergi, cerebral palsy, cacat dan autis.

Kulit dan wajah yang berseri memang dambaan setiap perempuan, akan tetapi kesehatan tubuh jauh lebih penting. Jadi jangan sampai anda mengorbankan kesehatan anda dan janin anda hanya untuk kecantikan semata.

Menurut penelitian ada beberapa zat berbahaya untuk kesehatan janin yang terkandung pada krim pemutih.
• Mercury : bahan ini memilki dampak yang buruk terhadap sel-sel saraf pada janin yang sedang dikandung.
• Hydroquinon: bahan ini memiliki efek samping dengan timbulnya bercak kemerahan yang menjadi flek hitam. Memang zat ini masih dapat digunakan, akan tetapi tidak untuk jangka panjang.
• Retinoid: bahan ini juga sangat membahayakan untuk janin, karena dapat menyebabkan kelumpuhan terhadap janin.

Proses paparan zat kimia dimulai dari zat-zat kimia dalam krim pemutih wajah dioleskan ke kulit ibu, lalu diserap ke dalam kulit melewati pori-pori sampai akhirnya memasuki aliran darah, sehingga darah menjadi tercemar. Darah itulah yang akhirnya sampai ke janin dengan mensuplai oksigen dan sari-sari makanan ke janin. Jadi meskipun krim pemutih wajah hanya di oleskan sedikit, tetap akan terserap ke dalam tubuh.
Tundalah pemakaian krim pemutih wajah yang mengandung Hidroquinon dan alcohol selama 3 bulan di awal kehamilan.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menghindari bahaya dari krim pemutih ketika anda mengandung, terutama pada trimester pertama.
1. Waspadai krim pemutih yang dapat memutihkan hanya dalam beberapa hari. Sudah jelas krim atau obat tersebut mengandung mercury. Mercury bukan merupakan bahan pembuatan kosmetik.
2. Agar kulit tidak menjadi gelap, mulailah memakai sunblock dengan SPF 30 antara jam 09.00-16.00 dan pengulangan pemakaian setiap 3 jam sekali.
3. Berkonsultasilah kepada dokter jika anda ragu dengan alat-alat kosmetik anda. Karena tidak hanya krim pemutih saja yang terkandung zat berbahayanya. Lipstick, pewarna rambut, dan krim jerawat pun patut anda hindari karena mengandung pewarna dan pengawet.

Setelah memasuki kehamilan bulan ke 4, anda dapat menggunakan pemutih wajah yang mengandung bahan–bahan alami. Atau melakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat kita olah sendiri untuk menjadi masker seperti minyak zaitun, madu, putih telor, bengkoang, lemon, dll yang selain membantu memelihara keremajaan dan kesehatan kulit, masker yang anda buat sendiri akan membantu anda merasa lebih aman untuk terhindar dari bahayanya pemutih dari zat kimia.

About Herbanisa Bogor

Herbal & Beauty Care Menerima pembelian retail dan grosir dengan harga murah untuk produk herbal dan perawatan kecantikan. Produk asli dan berkualitas. COD/Kirim Antar untuk wilayah Kota Bogor.

Posted on 3 September 2013, in Artikel, Beauty Care. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: