Jerawat? Harus Bagaimana?

Jerawat dimulai dengan proses peningkatan produksi lemak sebum yang akhirnya menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, peran serta bakteri P.acnes di dalam lemak sebum, serbuan sel darah putih ke sekitar kelenjar semakin membuat jerawat tampak merah karena meradang.

Prinsip pengobatan jerawat dengan cara meningkatkan proses regenerasi kulit melalui pengelupasan kulit agar tidak terjadi sumbatan, menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes yang menghuni saluran kelenjar sebasea, mengurangi produksi kelenjar sebasea, dan menekan proses radang di dalam kulit jangat/dermis.

-Peeling (Pengelupasan)
Peeling merupakan regenerasi sel kulit ari (epidermis) dapat ditingkatkan dengan berbagai obat krim/spray yang dioleskan setiap malam dan larutan penygar yang dibubuhkan pada waktu pagi, siang, dan malam hari atau setelah wajah dibersihkan.
Bahan aktif untuk pengelupasan kulit sangat banyak jenisnya, dari harga termurah sampai termahal. Efek sampingnya juga bervariasi dari yang aman sampai berisiko menimbulkan proses iritasi. Semakin efektif pengelupasannya, semakin besar pula efek iritasinya.

-Anti Bakterial
Pemberian atibiotika sebagai antibakterial merupakan tindakan yang bisa mengurangi populasi bakteri P.acnes di dalam lemak sebum. Bentuk antibiotik yang diberikan berupa gel, larutan, salep, atau krim. Pemberian antibiotika oral diperlukan oleh orang dengan jerawat radang luas seperti acne pustulosa dan acne konglobata.
Jerawat radang dapat disebabkan kebiasaan memijat jerawat dengan kuku panjang yang tidak steril.
Penggunaan antibiotika sebaiknya digunakan sesuai dengan petunjuk dokter agar lebih tepat penggunaannya.

-Menekan Produksi Kelenjar Sebasea
Produksi kelenjar sebasea perlu dikurangi agar tidak terjadi bendungan pada saluran kelenjar. Pemicu meningkatnya produksi sebasea adalah stres fisik dan stres psikologis, cuaca panas, makanan pedas, kelelahan fisik ataupun mental semuanya menyebabkan produksi sebum bertambah.
Jerawat akan lebih banyak menyerang orang yang sedang stres, kurang tidur, makan tidak teratur, dan buang air besar tidak lancar.
Hindari stres, hidup santai, pola makan seimbang dan teratur adalah cara termudah mengatasi jerawat.

-Hati-hati Memilih dan Memakai Sabun
Untuk kulit wajah yang berjerawat, sebaiknya menggunakan sabun dengan pH rendah yakni sekitar 5-6, agar tidak menimbulkan iritasi, apalagi jika kulit sudah kemerahan.
Saat kondisi jerawat sedang meradang sebaiknya tidak memakai sabun atau sabun scrub. Untuk kulit wajah normal dan berkomedo sebaiknya menggunakan sabun wajah yang mengandung butiran scrub dan cukup gunakan satu kali seminggu. Dan untuk mencegah infeksi akibat jerawat di kulit wajah dianjurkan memakai sabun antiseptik. Pemakaian sebaiknya cukup pada sore hari, pemakaian pada pagi atau siang hari jika tidak dibilas dengan baik, pada beberapa individu dapat terjadi alergi terhadap sinar matahari.

Jika jerawat bernanah pecah sesaat sesudah mandi, segera lokalisir nanahnya dengan memijat bagian yang bernanah hingga nanahnya keluar dengan menggunakan dua buah cotton bud, lalu tutuplah bekas luka yang berdarah dengan kasa steril, lalu olesi bekas luka dengan menggunakan salep antibiotik, dan tutup dengan plester luka kecil.

Semoga ulasan di atas dapat menjawab pesan-pesan yang masuk melalui inbox facebook, email, atau contoct person mengenai perawatan dan pengobatan jerawat.

About Herbanisa Bogor

Herbal & Beauty Care Menerima pembelian retail dan grosir dengan harga murah untuk produk herbal dan perawatan kecantikan. Produk asli dan berkualitas. COD/Kirim Antar untuk wilayah Kota Bogor.

Posted on 25 Mei 2013, in Artikel, Beauty Care. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: