Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

kemiriKemiri yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk pemeliharaan rambut. Minyak kemiri berasal dari biji kemiri. Minyak Kemiri mengandung Vitamin B6 dan Thiamin. Namun sangat jarang digunakan sebagai minyak untuk masakan dikarenakan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Minyak Kemiri memiliki asam lemak jenuh seperti asam palmitat dan asam stearat, dan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat, linolenat, dan arachidat.

Di balik permukaan daging kemiri yang berprofil, tersimpan manfaat yang sangat besar bagi rambut. Perawatan rambut dengan bahan alami dari kemiri membuat rambut sehat, tebal, dan kemilau. Biji yang terdapat di dalamnya juga memiliki lapisan pelindung yang sangat dan mengandung minyak cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.

Beberapa bagian dari tanaman ini sudah digunakan dalam obat-obatan tradisional di daerah pedalaman.
Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut). Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Jepang, kulit kayunya telah digunakan untuk pengobatan tumor. Di Sumatera, bijinya dibakar dengan arang, lalu diolesi di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Di Jawa, kulit batangnya digunakan untuk diare atau disentri. Di Hawaii, pada masa kuno, kemiri yang dinamai Kukui di bakar untuk menghasilkan cahaya. Kemiri disusun berbaris memanjang pada sebuah daun palem lalu dinyalakan salah satu ujungnya, dan akan terbakar satu demi satu setiap 15 menit atau lebih. Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu.


Adapun manfaat kemiri sebagai penyubur rambut, dapat dilakukan dengan cara:

Siapkan 6 biji kemiri lalu bakar 30 menit / sampai menghitam.
Agar lebih mudah pada saat pembakaran tusukkan pada tusuk sate. Angkat kemiri setelah berubah menjadi hitam kemudian kemudian haluskan, untuk menghasilkan minyak beri air secukupnya dan masak sampai minyaknya ke luar. Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut sampai merata lalu diamkan beberapa saat setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, perawatan dilakukan dengan teratur dalam seminggu dapat dilakukan 3x dan rambut akan terlihat lebih sehat, subur, kuat dan hitam, bahkan beberapa penelitian menyebutkan mampu menghilangkan ketombe, menumbuhkan kembali rambut bagi Anda yang tidak berambut dan mencegah kerontokan.


Untuk lebih praktisnya, kini tersedia minyak kemiri yang telah instant dan dapat Anda peroleh di sini dengan berbagai merk.

Posted on 16 Mei 2013, in Artikel, Herbal Tradisional, Produk Herbal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: