Mempertahankan Wajah Sehat Saat Berkeringat

Penguapan keringat dari permukaan kulit memiliki efek pendinginan, karena penguapan air yang mengambil panas dari kulit. Keringat berdampak positif bagi diri kita, karena dengan berkeringat tubuh telah membuang racun yang ada dari dalam tubuh, membantu mendinginkan tubuh saat panas, membakar kalori, menurunkan stres, memperlancar sirkulasi darah, mempercantik kulit. Biasanya keringat diproduksi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan.

cw Untuk memproduksi keringat pula, beberapa kegiatan sengaja bahkan sering dilakukan seperti olah raga dan sauna.
Meski melakukan sauna dan olahraga adalah kegiatan yang sama-sama mengeluarkan keringat, namun fakta membuktikan keringat yang dikeluarkan oleh keduanya memiliki pengaruh yang berbeda. Keringat yang didapat ketika kita melakukan sauna berfungsi membersihkan kulit, sedangkan keringat yang dihasilkan ketika kita berolahraga justru berpengaruh sebaliknya. Wajah berkeringat ketika berolahraga dapat menyebabkan iritasi pada kulit, merah-merah, pori-pori tersumbat dan kulit berjerawat. Jika Anda terbiasa membiarkan keringat saat berolahraga mengering begitu saja di kulit, maka pengaruhnya bisa membuat pori-pori di kulit menjadi tersumbat yang kemudian menjadi masalah bagi wajah Anda.


Tentu hal tersebut tidaklah diinginkan.
Kulit bersih, sehat dan bebas dari masalah tentu menjadi dambaan bagi setiap orang dan tentu mereka tidak akan membiarkan aktifitas olahraga mereka justru menimbulkan masalah bagi kulit wajah.


Beberapa tips yang bisa Anda perhatikan bila Anda berkeringat:

-Tidak menggunakan make up saat berolahraga / kegiatan yang mengundang keringat lainnya.
Tampil cantik di segala suasana itu penting, namun memakai make up wajah ketika akan berolahraga adalah suatu hal yang tidak pada tempatnya.
Akan membuat banyaknya keringat yang muncul. Jadi, pastikan Anda telah membersihkan wajah dari make up sebelum mengikuti kegiatan Olagraga atau yoga agar bakteri ditambah dengan sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori wajah Anda!

-Bersihkan langsung wajah yang berkeringat.
Wajah yang dipenuhi keringat setelah berolahraga harus dihapus terlebih dahulu dengan sapu tangan bersih.
Dan jangan tunggu Anda sampai di rumah, segeralah mencuci wajah Anda segera setelah kegiatan olahraga selesai sebelum meninggalkan kelas olahraga.

-Tidak menggunakan lotion ketika berkeringat.
Ketika berkeringat, secara otomatis produksi kelenjar minyak dan keringat akan sangat meningkat dan menumpuk di permukaan kulit.
Lapisan keringat dan minyak ini akan menjadi penghambat penyerapan nutrisi dan vitamin dari lotion ke dalam kulit.

-Untuk mengatasi wajah yang banyak keringat Anda dapat merawat kulit wajah Anda dengan membersihkan wajah menggunakan air hangat (suam-suam kuku) dan mengakhirinya dengan memercikkan air yang tidak terlalu dingin. Membersihkan wajah dengan air hangat akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotoran serta bakteri di dalamnya. sedangkan memerciki wajah dengan air yang sedikit dingin akan menutup kembali pori-pori wajah tersebut.

-Untuk menjaga kulit wajah tetap lembab, gunakanlah pembersih wajah yang lembut dan hindari pembersih wajah yang menyebabkan kekeringan bagi kulit wajah. Memakai pembersih wajah yang mengandung anti bakteri dan ada kandungan pelembab seperti milk.

Posted on 16 Mei 2013, in Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: