Mengapa Menjadi Tua Sebelum Waktunya?

daun Setiap orang ingin tampil cantik dan tampan dalam setiap situasi . Dan menjadi tua adalah hal yang akan dialami. Namun akan sangat tidak menyenangkan ketika keadaan yang terlihat dari diri kita jauh dari usia yang seharusnya.
Mulailah melihat tanda-tanda penuaan dini pada diri Anda.
Perhatikanlah secara seksama diri Anda di depan cermin. Rambut ada uban, munculnya bercak hitam pada wajah, tekstur kulit menjadi kasar dan kering, pori-pori kulit membesar, kulit keriput, kendur dan berkerut, ada lingkaran hitam dan kantung di bawah mata, mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang), kualitas penglihatan menurun, gigi menjadi rapuh,

bokong dan payudara melorot, kelebihan berat badan, tubuh mudah lelah.
Mungkinkah hal itu Anda alami di usia muda ini? Mengapa hal penuaan dini terjadi pada Anda?


FAKTOR PENYEBAB PENUAAN DINI
-Terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi keriput. Terkena sinar matahari terlalu lama dan terlalu sering dapat menyebabkan DNA kulit dalam membran sel menjadi rusak. Akibatnya, elastisitas kulit pun ikut rusak.
-Terkena polusi udara dan radikal bebas. Tentu polusi udara begitu mudah kita jumpai, terutama bagi yang hidup di kota besar dengan kepadatan lalu lintas akan mempengaruhi kecantikan anda. Terlalu sering terkena polusi udara bisa menyebabkan penumpukan radikan bebas dalam tubuh. Radikal bebas akan menyebabkan kulit kehilangan kolagen dan elastisitasnya sehingga kekuatannya menjadi berkurang.
-Terlalu sering mengkonsumsi gula dalam jumlah yang besar. Jumlah gula yang terlalu besar tidak baik untuk tubuh. Selain beresiko mengundang penyakit diabetes, gula juga mempercepat penuaan dini. Keberadaan gula berlebih akan menyebabkan kerusakan pada molekul protein dalam kulit. Akibatnya kulit akan mudah terkena iritasi dan mudah keriput.
-Mengkonsumsi alkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, juga bisa mempercepat penuaan dini. Alkohol akan menyebabkan penyusutan volume pada otak, akibatnya bisa membuat seseorang mudah lupa, serta mempercepat kepikunan.
-Merokok. Merokok bisa menyebabkan penuaan dini sebab dapat mengurangi kolagen pada kulit. Rokok juga menurunkan aliran darah serta menghambat sirkulasi oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, akibatnya kulit menjadikusam dan timbul bintik-bintik cokelat. Selain itu, rokok juga bisa menyebabkan penyusutan pada otak yang membuat seseorang menjadi cepat pikun.
-Pikiran tidak tenang. Ada beragam pikiran tidak tenang yang selalu merongrong kehidupan, bisa berupa sering marah-marah, emosi, stress, hingga depresi. Sadar ataupun tidak, ini bisa mempercepat penuaan dan beresiko besar mendatangkan penyakit seperti darah tinggi, jantung koroner dan diabetes.
-Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi atau makanan cepat saji. Kriteria makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung lemak atau kalori berlebihan. Kalori berlebih akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan memicu terjadinya obesitas. Hal ini akan lebih parah jika jenis lemak yang kita konsumsi termasuk lemakjenuh dengan kadar kolesterol tinggi. Beberapa penyakit kronis disebabkan dari berlebihnya lemak, misalnya saja hipertensi, jantung koroner, diabetes hingga kanker. Untuk itu, segera hindari konsumsi makanan berlemak terlalu sering agar anda bisa menikmati indahnya kesehatan hingga masa tua sekalipun.
-Kurang gerak atau olahraga. Olahraga memiliki peranan penting bagi kesehatan dan penampilan. Dengan berolahraga, kalori dan timbunan lemak dalam tubuh akan terbakar dan keluar dari tubuh melalui proses metabolisme berupa keringat. Menggerakkan tubuh bisa mengurangi kelebihan berat badan, mengurangi stres, dan mencegah penyakit alzheimer, salah satu penyakit kepikunan.

Untuk mencegah penuaan dini itu terjadi pada anda, mulailah hindari faktor-faktor di atas yang memicu terjadinya penuaan dini pada usia 20an ke atas. Mulailah dengan gaya hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak air putih dan buah, merawat diri anda dengan perawatan seperti menggunakan tabir surya saat akan keluar rumah pada siang hari, membersihkan wajah dan menggunakan krim malam/masker saat hendak tidur itu bisa anda lakukan juga.

Posted on 29 April 2013, in Artikel, Beauty Care and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: